Senin, 26 Januari 2009

FrOm spoRt to The CultuRe

Selain keunggulan teknis yang dipunyai, adidas juga mempunyai keunggulan lainnya yaitu mereka cepat menyadari bahwa “role-model”, apakah seorang atlet atau pemusik atau…., adalah iklan yang terbaik bagi produk mereka. Sebagai produk olahraga tentunya mereka harus memulainya dari bidang olahraga dahulu.Ketika adidas mengontrak seorang atlit, maka seluruh kemampuan dari atlet itu akan menjadi bagian dari adidas.

Contohnya ketika David Beckham menjadi bintang adidas, bagaimana seorang Beckham bisa diidentikan dengan adidas dan adidas bisa diidentikan dengan Beckham.

Caranya dengan: promosi besar-besaran seperti memasang logo adidas di pakaian yangdipakainya, baik didalam atau diluar lapangan. Dengan majunya teknologi informasi sekarang ini, tentunya adidas menikmati keuntungan besar dari tayangan-tayangan langsung olah raga, karena event tersebut ditonton oleh jutaan pasang mata, sedangkan diluar lapangan, liputan majalah dan surat kabar cukup memberikan keuntungan promosi. Apakah tujuan dari ini semua? Untuk menyamakan kedudukan adidas dengan atlet dan olahraga itu sendiri.

Setelah berhasil diidentifikasikan dengan olahraga, maka adidas pun mulai melebarkan sayapnya ke dunia lain yaitu dunia hiburan. Belajar dari pengalaman sebelumnya, adidas menyadari bahwa keuntungan akan meningkat jika berhasil menciptakan ‘sinergi’. Hanya mendominasi sebuah industri tidaklah cukup. Merk itu sendiri harus melebarkan pengaruhnya ke dimensi lain dari eksistensi, dari olahraga ke hiburan, dari lapangan ke kultur. Dan ketika orang-orang kaya Liam Gallagher (Oasis), Madonna, Korn dan lainnya sudah memakainya, maka sejak itu adidas sudah berubah menjadi gaya hidup. Merk pun berkembang tidak hanya sekedar menentukan produk yang harus dibeli konsumen, tetapi terlebih menentukan gaya hidup tertentu. Semua ini bertujuan yaitu menciptakan pandangan bahwa merk itu sendiri adalah simbol eksistensi manusia.

3 komentar:

  1. memang si david beckam identik akan adidasnya,,selain dia sebagai artis bola di juga sebagai model,,memang hebat tuh orangnya

    BalasHapus
  2. strategi adidas dalam membuat marketing memang jago,pantesan adidas adalh perushaan besar yg banyk peminatnya

    BalasHapus
  3. iya,strategi adidas dalam mengidentikkan modelnya menjadi model adidas sangat lah bagus, n adidas bisa mempertahankan model itu menjadi model yg setia pada adidas

    BalasHapus